PT Narcala Derbala Group

Berbagai Jenis Alat Musik Islami Yang Penting Anda Ketahui

Berbagai Jenis Alat Musik

Berbagai Jenis Alat Musik Islami – Sahabat penggiat musik islami juga memiliki alat musik tersendiri dalam melantunkan syairnya yang tentunya alat musik yang satu ini sering digunakan pada saat acara-acara akad nikah, pada saat hajatan, pernikahan, khitanan dan lain-lain, ada juga yang digunakan saat adzan akan tiba. , alat musik ini termasuk tradisional tetapi juga modern.

Ada banyak pilihan alat musik islami yang bisa Anda gunakan untuk kegiatan-kegiatan agama ataupun sholawatan sebagai cara syiar agama islam yang rahmatan lil ‘alamin dan agar keberadaan alat-alat musik tersebut dapat eksis dalam perubahan zaman.

Sebelum kita bahas lebih dalam mengenai Jenis-Jenis Alat Musik Islami, mungkin ada baiknya kita tahu terlebih dahulu tentang sejarah alat musik menurut islam itu sendiri.

Sejarah Alat Musik Menurut Islam

Seni musik berkembang begitu pesat pada masa keemasan Dinasti Abbasiyah. Perkembangan seni musik pada masa itu tidak lepas dari gencarnya penerjemahan risalah musik dari bahasa Yunani ke bahasa Arab. Selain itu, dukungan dan dukungan penguasa terhadap musisi dan penyair membuat seni musik semakin menggeliat. Apalagi pada awal perkembangannya, musik dipandang sebagai cabang matematika dan filsafat.

Bisa dibilang, peradaban Islam melalui kitab yang ditulis oleh Al-Kindi adalah yang pertama kali memperkenalkan kata ‘musiqi’. Al-Isfahani (897 M-976 M) dalam Kitab Al-Aghani mencatat berbagai prestasi seni musik di dunia Islam. Meskipun dalam Islam ada dua pendapat yang saling bertentangan tentang musik, ada yang dilarang dan ada yang dibolehkan.

Bahkan, proses penyebaran Islam ke seluruh pelosok Jazirah Arab, Persia, Turki, hingga India diwarnai oleh tradisi musik. Selain telah melahirkan sejumlah musisi ternama, seperti Sa’ib Khathir (wafat 683 M), Tuwais (wafat 710 M), Ibn Mijjah (wafat 714 M), Ishaq Al-Mausili (767 M- 850 M), dan Al-Kindi (w. 800 M-877 M).

Peradaban Islam juga berjasa mewariskan sederet alat musik yang dianggap penting bagi masyarakat musik modern. Berikut ini adalah alat-alat musik yang diwarisi oleh musisi Islam pada masa kekhalifahan dan kemudian dikembangkan oleh musisi Eropa setelah Renaisans.

Baca Juga: Sejarah Alat Rebana Al Banjari Di Indonesia

Jenis Alat Musik Islami Yang Banyak Digunakan

Berbagai jenis alat musik islami yang banyak digunakan majelis sholawat di Indonesia, yaitu sebagai berikut:

1. Rebana Hadroh

Rebana adalah alat yang terbuat dari kulit sapi seperti gendang yang ada di masjid, tetapi ukurannya kecil, sehingga cara memainkannya dilakukan dengan tangan kiri, dan dimainkan dengan tangan kanan.

2. Gambus (Oud)

Gambus (Oud) adalah alat musik petik seperti mandolin yang berasal dari Timur Tengah. Paling sedikit gambus dipasangi 3 senar sampai paling banyak 12 senar. Gambus dimainkan sambil diiringi gendang. Sebuah orkes memakai alat musik utama berupa gambus dinamakan orkes gambus atau disebut gambus saja. Didalam orkes gambus tidak hanya Oud saja, ada alat lain juga seperti biola, gendang, tabla dan seruling.

3. Ketipung

Alat musik ketipung adalah alat musik perkusi tanpa nada. Terbuat dari kayu yang dilapisi kulit binatang untuk membran penghasil suara. Ketipung biasanya dimainkan untuk mengiringi musik Melayu dengan menggunakan suara bulat yang jernih. Alat musik tabuh yang menghasilkan suara khas, ketipung juga sering digunakan untuk mengiringi hadroh.

4. Darbuka

Darbuka adalah alat musik perkusi sejenis gendang berbentuk seperti piala atau jam pasir yang berasal dari Timur Tengah. Instrumen darbuka dahulu dibuat dari tembikar, kayu, dan kulit hewan sebagai membran. Seiring perkembangan zaman, darbuka dibuat dengan bahan logam cor, khususnya alumunium dan membrannya diganti dengan bahan mika.

5. Marawis

Marawis merupakan alat musik yang identik dengan budaya Timur Tengah, maka tidak heran jika Mawaris digunakan dalam acara-acara keagamaan, seperti pujian, doa dan lain-lain. Sedangkan untuk memainkannya tidak jauh dengan rebana yang dipukul menggunakan telapak tangan. Marawis masuk ke Jambi dibawa oleh orang-orang Timur Tengah dalam perjalanan dagang.

6. Qosidah

Alat qosidah merupakan kumpulan rebana yang bertingkat, dari diameter 23 cm sampai dengan 40 cm, tergantung kebutuhan personilnya. Untuk standarnya itu 8 tingkat alat, bisa juga 10 tingkat alat sampai 12 tingkat alat. Alat Rebana Qosidah Lasqi ini biasanya digunakan oleh kaum hawa, karena cara mainnyapun sederhana jadi mempelajarinya cukup cepat dan gak merepotkan untuk ibu-ibu.

7.  Rebana Al Banjari

Alat Rebana Al Banjari merupakan instrumen rebana al banjari ini memiliki karakter tempo yang santai dan mendayu seperti halnya majelis Syukarol Munsyid dan masih banyak majelis lain yang menggunakannya. Alat rebana al banjari 1 set hanya terdapat 5 komponen alat saja yaitu 4 buah Hadroh dengan diameter 30 atau 32 cm dan 1 buah Bass banjari dengan diameter 40 cm.

8. Alat Hadroh Habsyi

Alat Rebana Versi Habsyi ini merupakan kumpulan instrumen alat untuk mendapatkan alunan nada yang beragam namun selaras. Didalam 1 Set Habsyi terdapat beberapa komponen alat diantaranya rebana hadroh, bass habsyi, darbuka, tam dan keprak. Hadroh Habsyi ini sering digunakan oleh majelis-majelis sholawat ternama seperti Ahbabul Musthofa Kudus, Az Zahir Pekalongan, Majelis Syubbanul Muslimin, Majelis Al Munsyidin dan lain-lain.

Itulah beberapa jenis alat musik islami yang bisa Anda pilih untuk mengoptimalkan penampilan majelis sholawat Anda.

Untuk Anda yang ingin melakukan pemesanan instrumen musik islami yang terbaik, alangkah baiknya anda langsung ke pengrajin yang sudah handal dibidangnya. Kami perkenalkan dengan produsen alat musik tradisional yang terbaik di jepara yaitu Narcala Rebana Jepara.

Pengrajin Alat Musik Tradisonal Islami Di Jepara

Narcala Rebana merupakan Industri profesional yang fokus bergerak dalam bidang produksi dan penjualan alat musik tradisional rebana hadroh Jepara. Produksi Narcala selalu fokus menghasilkan alat hadroh dengan kualitas terbaik dan bergaransi resmi. Bersama tim profesional dibidang kerajinan terbang, Narcala siap membantu pertumbuhan majelis anda lebih maksimal dengan alat hadroh berkualitas harga terjangkau.

Produksi Narcala Rebana Jepara menerima berbagai macam pesanan alat musik rebana hadroh dari mulai satuan hingga beberapa set sekaligus. Kami juga siap kirim ke seluruh wilayah di Indonesia hingga ke luar Negeri dengan jaminan sampai ke alamat Anda dengan Aman dan Bergaransi Resmi dari Perusahaan.

Cara pemesanannya pun cukup mudah, Anda tinggal hubungi kontak dibawah ini.

Kontak Narcala Rebana Jepara

  • Perusahaan: Narcala Derbala Group
  • Telp/Whatsapp: 0822-6000-3772 | Ujang Arifin
  • Link Whatsapp Otomatis Klik: KIRIM PESAN SEKARANG
  • Youtube Channel: NARCALA OFFICIAL
  • Email: narcalarebana@gmail.com
  • Office Narcala: Jl. Pakis H. Rahayu No.51 RT/RW 03/02, Potroyudan V, Potroyudan, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59412

Demikian ulasan tentang berbagai jenis alat musik islami, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda dan bisa menjadi referensi untuk Anda ketika akan membeli alat musik islami untuk majelis sholawat kesayangan Anda. Silahkan anda share informasi ini supaya manfaatnya lebih luas.

One thought

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *