PT Narcala Derbala Group

Keunggulan Kayu Mahoni Dan Kayu Nangka Sebagai Bahan Alat Hadroh

Keunggulan Kayu Mahoni Dan Kayu Nangka

Berbagai Keunggulan Kayu Mahoni Untuk Rebana Yang Perlu Diketahui – Mahoni merupakan anggota suku Meliaceae yang meliputi 50 genera dan 550 spesies tumbuhan berkayu. Mahoni merupakan pohon besar dengan tinggi pohon 35-40 meter dan diameter 125 cm. Batang lurus silindris dan tidak berbanir.

Kulit luarnya berwarna coklat kehitaman, dengan lekukan dangkal seperti sisik, sedangkan kulit batang berwarna abu-abu dan licin saat muda, berubah warna menjadi coklat tua, beralur dan mengelupas saat tua. kayu mahoni banyak digunakan untuk membuat rebana, oleh karena itu kita harus mengetahui berbagai keunggulan kayu mahoni untuk rebana yang perlu diketahui.

Mengenal Kayu Mahoni Sebagai Bahan Alat Hadroh

Bunga mahoni hanya setelah berumur 7 tahun. Mahkota bunga berbentuk silindris, berwarna kuning kecoklatan. Bijinya pipih, berwarna hitam atau coklat, dan rasanya pahit. Phon mahoni disa dengan mudah ditemukan tumbuh liar di hutan jati ataupun tempat lain yang dekat dengan pantai. Pohon mahoni ini berasal dari Hindia Barat dan dapat tumbuh di atas pasir payau yang dekat dengan pantai.

Pohon mahoni dapat mengurangi polusi udara sekitar 47%-69% sehingga disebut sebagai pohon pelindung sekaligus penyaring udara dan resapan air. Daun bertugas menyerap polutan di sekitarnya, di sisi lain daun melepaskan oksigen (O2) yang membuat udara di sekitarnya menjadi segar. Saat hujan, tanah dan akar pohon akan mengikat air yang jatuh, sehingga menjadi cadangan air. Buah mahoni mengandung flavonoid dan saponin.

Buahnya dilaporkan mampu melancarkan darah sehingga penderita penyakit yang menyebabkan penyumbatan aliran darah dianjurkan untuk mengkonsumsi buah mahoni. Buah mahoni dapat menjadi obat penurun kolesterol, penimbunan lemak dalam darah, mengurangi rasa sakit, pendarahan dan lebam, serta berperan sebagai anti oksidan untuk membuang radikal bebas.

Buah mahoni juga dapat mencegah penyakit sampar, mengurangi lemak tubuh, membantu sistem kekebalan tubuh, dan memperlambat pembekuan darah. Sifat mahoni yang bisa tumbuh di daerah gersang menjadikan pohon ini sebagai tanaman pohon pinggir jalan. Bagi masyarakat Indonesia khususnya Jawa, tanaman ini bukanlah tanaman baru.

Karena sejak zaman penjajahan Belanda, pohon mahoni dan asam sudah ditanam di pinggir jalan sebagai peneduh, terutama di jalan yang dibangun Daendels antara Anyer sampai Panarukan. Sejak 35 tahun terakhir, pohon mahoni dibudidayakan karena kayunya memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi.

Kualitas kayunya keras dan sangat bagus untuk furniture, furniture, ukiran dan kerajinan tangan. Kualitas kayu mahoni berada di bawah kualitas kayu jati, sehingga kayu mahoni dijuluki sebagai primadona kedua setelah kayu jati.

Baca Juga : Mengenal Nama Alat Rebana Lengkap

Berbagai Keunggulan Kayu Mahoni Untuk Rebana

  • Sebagai bahan pembuatan rebana dan bangunan rumah, kayu mahoni memiliki banyak keunggulan. Kayu ini memiliki butiran halus yang membuatnya semakin terlihat bagus jika dilapisi dengan cat warna natural atau klasik.
  • Jika ingin meninggalkan warna asli kayu mahoni tanpa dipoles dengan cat apapun juga tidak apa-apa. Pasalnya, kayu ini sudah memiliki warna merah yang eksotis dan unik. Sehingga saat digunakan untuk membuat rebana dapat memberikan nuansa estetis pada ruangan.
  • Permukaan dari kayu mahoni terbilang sangat stabil sekaligus tidak mudah untuk menyusut ataupun berubah bentuk. Karena itulah mahoni juga bisa digunakan untuk membuat alat musik seperti rebana, salah satunya.
  • Penanganan Mudah Jika Terjadi Kerusakan (seperti retak dan berjamur). Ini adalah poin yang paling menguntungkan bagi Anda. Karena dalam perawatannya, keuntungan menggunakan rebana mahoni adalah mudah ditangani ketika terjadi masalah seperti retak dan jamur.
  • Memenuhi Standar untuk berat rebana. rebana sendiri memiliki standar berat minimal. Dibandingkan alat musik lain yang terbuat dari kayu jati, rosewood, terutama akasia (paling berat), rebana yang menggunakan kayu mahoni relatif lebih ringan. Dengan catatan umur pohon yang sama dan luas tanam yang sama. Ini pasti menguntungkan Anda dalam hal merakit dan bermain rebana.
  • Kayu mahoni tidak mudah bengkok, sehingga bila perlu dilengkungkan atau dilengkungkan atau bentuk lainnya, pekerjaan ini harus dilakukan dengan hati-hati dan dengan bantuan uap. Kayu ini sangat kaku, yang menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk aplikasi tertentu yang membutuhkan kekakuan vertikal atau horizontal.
  • Kayu ini tahan lama yang akan mencegah kerusakan kayu biasa, seperti retak atau pecah terutama saat pemotongan selama proses konstruksi. Oleh karena itu sangat baik untuk mempertahankan daya tarik dan penampilannya selama bertahun-tahun, serta tahan terhadap pembengkokan atau kerusakan lainnya. saat terkena kelembaban dan cuaca lainnya.
  • Mahoni dapat dibersihkan dengan cukup mudah tanpa merusak kayunya. Jika digunakan sebagai bahan pembuatan rebana, kayu mahoni menjadi pilihan yang baik karena tahan terhadap hama kayu. Rebana ini juga akan memblokir cukup banyak suara.

Berbagai Informasi Umum Tentang Pohon Mahoni

1. Status Kelangkaan

Pulasi pohon mahoni terbilang sangat tinggi sekaligus mudah untuk ditemukan. Oleh karena itu, pohon mahoni masih belum termasuk dalam kategori pohon langka dan tidak termasuk dalam IUCN Red List of Threatened Species.

2. Habitat

Pohon mahoni merupakan pohon yang dapat bertahan hidup walaupun tidak disiram selama berbulan-bulan. Tanaman jenis ini bahkan mampu bertahan hidup di lingkungan yang gersang sekalipun. Selain itu, tanaman jenis ini juga mampu bertahan hidup di tanah yang tergenang air setiap saat.

Tempat tumbuh yang baik untuk pertumbuhan pohon mahoni harus memiliki ketinggian 0-1.000 meter di atas permukaan laut dengan curah hujan 1.600-4.000 mm/tahun. Pohon mahoni tumbuh baik di daerah yang memiliki tipe iklim A sampai D. Pohon mahoni tumbuh baik di daerah payau yang dekat dengan pantai dan sangat cocok di tempat dengan sinar matahari yang cukup. Jenis tanaman ini menyukai tanah yang dalam.

3. Sebaran

Pohon mahoni berasal dari Hindia Barat. Daerah penyebarannya meliputi Sri Lanka, India, Sarawak, dan Fiji. Jenis tumbuhan ini mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1872 melalui India. Jenis tanaman ini tumbuh pesat di pulau Jawa sekitar tahun 1892-1902 dan hingga saat ini semakin banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia.

4. Kayu Mahoni

Pohon mahoni mulai dibudidayakan oleh masyarakat karena memiliki banyak manfaat dan nilai ekonomi yang tinggi. Kayu pohon mahoni bersifat keras sehingga sangat baik untuk digunakan dalam pembuatan mebel, perkakas, pahatan, kayu lapis, ukiran, dan sebagainya. Sifat kayu mahoni yang tidak mudah berubah, sehingga sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan penggaris kayu. Gubal pohon mahoni berwarna merah muda, sedangkan kayunya terasa merah sampai coklat tua.

Kayu ini termasuk kelas tahan lama III dan kelas kuat II-III. Di pasaran, jenis kayu mahoni yang dijual terbagi menjadi dua jenis, yaitu kayu mahoni log dan kayu mahoni per meter kubik. Kayu mahoni adalah kayu mahoni yang dijual dalam bentuk kayu bulat sehingga harganya jauh lebih murah dibandingkan kayu mahoni per meter kubik yang sudah diolah.

5. Pemeliharaan

Pemeliharaan tanaman mahoni juga perlu dilakukan agar tanaman mahoni dapat tumbuh dengan baik. Beberapa tahapan pemeliharaan yang harus dilakukan antara lain penyiraman, penyiangan, pemberantasan hama/penyakit, dan pemupukan. Penyiraman dilakukan pada saat tanaman mahoni masih dalam tahap awal hingga tanaman mahoni dapat tumbuh dengan baik.

Penyiangan dilakukan apabila gulma atau tanaman pengganggu lainnya tampak mengganggu pertumbuhan tanaman mahoni. Pemberantasan hama dan penyakit dilakukan dengan menggunakan pestisida sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Sebaiknya pestisida yang digunakan adalah pestisida alami agar lebih ramah lingkungan. Ketika anda membutuhkan rebana yang berbahan kayu mahoni anda dapat melihatnya di Katalog Produk Narcala Rebana.

Demikian ulasan tentang Berbagai Keunggulan Kayu Mahoni Untuk Rebana Yang Perlu Diketahui, smeoga bermanfaat.

One thought

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *