PT Narcala Derbala Group

Mengenal Nama Alat Rebana Lengkap Beserta Gambarnya

Mengenal Nama Alat Rebana Lengkap

Apakah Anda sudah mengenal nama alat rebana secara lengkap? jika belum, informasi ini bisa membantu Anda memahami tentang alat rebana hadroh karena kami akan menjelaskan secara tuntas dan detail dengan gambarnya, jadi Anda bisa memahaminya secara mudah.

Hal ini akan bermanfaat khususnya untuk Anda yang sedang mencari atau ingin memesan Alat Rebana Hadroh, maka dengan mengenal nama-nama alat rebana beserta gambarnya, Anda bisa lebih paham betul seperti apa betuknya, sehingga saat Anda melakukan pemesanan tidak bingung lagi apa saja kelengkapannya dan bisa sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Baiklah langsung saja Anda ikuti penjelasan kami ini hingga selesai, karena setiap pembahasan ini saling keterkaitan satu sama lain. Jadi jangan sampai anda melewatinya okey. Silahkan membaca.

Nama Alat Rebana Lengkap Dengan Gambarnya

Alat Musik Rebana adalah alat musik ritmis sebagai pengiring sholawatan / syair-syair pujian untuk Nabi Agung Muhammad SAW. Di Indonesia, rebana telah berkembang sebagai media dakwah ajaran islam. Ada berbagai jenis rebana yang digunakan di Indonesia salah satunya yaitu Fullset Hadroh Habsyi seperti yang ada diatas.

Bukan hanya itu saja, masih banyak lagi alat musik rebana yang digunakan oleh majelis-majelis sholawat di Indonesia. Antara lain alat rebana banjari, alat hadroh habsyi, rebana qosidah lasqi, alat marawis, dan seterusnya.

Untuk nama-nama alat rebana tersebut diantaranya sebagai berikut:

1. Bass Habsyi

Alat musik rebana yang pertama yaitu “Bass Habsyi” penampilannya seperti yang Anda lihat pada gambar diata. Untuk bass habsyi sendiri memiliki 3 variasi diantaranya polosan, ukiran dan corak motif.

Dari segi tampilan bentuk bass habsyi memiliki 2 jenis diantaranya yaitu bass habsyi biasa seperti gambar diatas dan satu jenis lainnya yaitu “Bass Habsyi Ceper”. Bentuknya lebih kecil dan biasanya dikasih variasi lubang-lubang seperti sarang tawon. Bass habsyi ceper ini, biasanya digunakan olrh majelis Az Zahir dan juga majelis Syubbanul Muslimin.

Bahan yang digunakan untuk pembuatan bass habsyi ini, menggunakan kayu mangga ataupun kayu mahoni. Karena lebih ringan dan suara yang dihasilkannya pun bagus apalagi jika sudah dikolaborasikan dengan mic atau speaker. Untuk ukuran bass habsyi itu mulai dari 35 cm, 40 cm, 45 cm hingga 70 cm dan harganya menyesuaikan berdasarkan jenis, variasi dan ukurannya. Untuk estimasinya mulai dari 800.000,- hingga jutaan rupiah.

Bass Hadroh biasanya selalu dibarengi dengan pukulan yang biasa kami sebut dengan stick Bass. Tanpa stick pasti bass hadroh akan sulit digunakan, karena cara mainnya memang harus dipukul. Nah untuk temannya bass yang selalu berpasangan yaitu Tam atau Tung, untuk penjelasan tentang tam/tung kami sertakan dibawah.

2. Mengenal Nama Alat Rebana Yang Popular Yaitu Darbuka

Mungkin alat musik rebana yang satu ini Anda sudah sering melihat dan mendengar suaranya, karena alat rebana yang satu ini sangatlah popular bahkan rata-rata pelanggan kami sudah tau. Nama alat rebana ini yaitu Darbuka.

Untuk bahan darbuka itu menggunakan 2 jenis bahan antara lain bahan kayu dan bahan cor alumunium, ada satu bahan lagi yaitu bahan keramik namun bahan keramik ini biasanya dibuat di luar negeri atau import. Di Indonesia sendiri belum ada yang produksi dengan bahan keramik.

Ukuran darbuka juga beragam dari mulai ukuran 8 inc sampai yang paling besar itu 10 inc tetapi jarang yang menggunakan, maksimalnya 9 inc. Salah satu Tokoh master darbuka yang sangat terkenal di kalangan pemain atau komunitas darbuka yaitu Mas Ali Kribo, bisa anda lihat sendiri permainan darbukanya di kanal youtube beliau.

Untuk harga darbuka sendiri akan berbeda-beda sesui dengan bahan, ukuran, dan variasinya. Range harga nya mulai dari 700.000,- hingga jutaan rupiah. Semakin bagus bahannya maka semakin mahal juga harganya. Saran kami untuk sebuah majelis sholawat menggunakan darbuka bahan cor alumunium sudah memenuhi standar.

3. Tam/Tung

Alat Musik Rebana berikutnya yaitu Tam/Tung, alat rebana ini biasnya selalu berpasangan dengan bass hadroh seperti yang sudah kami singgung diatas. untuk tampilan tam/tung ini seperti yang dapat anda lihat pada gambar diatas.

Tam/Tung berhan dasar kayu mahoni ataupun kayu nangka, dan berdasarkan jenisnya tam/tung ini memiliki 2 jenis yaitu Tam/Tung Mika dan Tam atau Tung Kulit. Untuk ukurannya itu berbeda, Tam/Tung Kulit normalnya ukuran diameter 25-26 cm sedangkan Tam/Tung Mika biasanya berdiameter 8 inc.

Untuk Variasinya sendiri itu memiliki 3 variasi antara lain variasi biasa atau polos, ukiran dan corak motif. Anda tinggal pilih saja dari 2 jenis Tam/Tung tersebut sesuai dengan karakter majelis sholawat Anda.

4. Keprak/Teplak

Pada dasarnya Keprak/Teplak ini hampir sama dengan Tam/Tung. Terbuat dari bahan kayu mahoni atau kayu nangka, memiliki 2 jenis yaitu Keprak/Teplak Kulit dan Keprak/Teplak Mika, serta memiliki 3 variasi antara lain variasi polosan, ukiran dan motif.

yang membedakan Keprak dengan tam yaitu pada ukurannya, keprak lebih kecil dibandingan dengan tam, ukuran diameter keprak yaitu 23 cm. Dalam standar 1 set habsyi itu terdapat 2 buah keprak, namun bila Anda ingin menambahkan juga boleh sesuai dengan kebutuhan majelis sholawat Anda.

5. Rebana/Hadroh/Terbang/Ketimpring/Genjring

Nama alat rebana selanjutnya yaitu Rebana / Hadroh / Terbang / Ketimpring / Genjring, ada banyak sekali penyebutan untuk alat hadroh ini. penampilannya seperti contoh gamabar yang kami berikan diatas. Biasanya untuk bisa memainkan hadroh dibutuhkan minimal 2 orang pemain agar bersuara merdu.

Bahan yang digunakan tentunya kayu. Untuk produksi Narcala sendiri karena mengutamakan kualitas terbaik maka kami menggunakan Kayu Mahoni dan Kayu Nangka saja. Karena dinilai mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Jika jumlahnya 4 seperti gambar diatas, para pecinta sholawat juga menyebutnya dengan Fullset Rebana Al Banjari. Tergantung apa sebutan diwilayah kalian masing-masing. Ada berbagai variasi untuk hadroh ini dari mulai Polosan, Ukiran Hingga motif keramik.

Ukuran hadroh standarnya yaitu Diameter 30 Cm. Namun beberapa majelis besar seperti Majelis Azzahir menggunakan ukuran Diameter 32 Cm. Sebenarnya hampir sama, tapi kembali lagi majelis kalian nyamannya dengan ukuran berapa.

Kesimpulan Mengenal Nama Alat Rebana

Dengan mengenal nama alat rebana tersebut maka Anda tidak bingung lagi ketika akan melakukan pemesanan, Anda tinggal sebutkan saja nama barang yang ingin anda pesan sesuai dengan Nama-Nama Alat Rebana diatas.

Dari nama-nama serta gambar yang kami berikan diatas , apakah di wilayah Anda ada perbedaan? Kalo ada silahkan anda share di kolom komentar yaa, agar semua orang yang membaca informasi ini semakin bertambah wawasannya.

Untuk Anda yang ingin melakukan pemesanan baik dengan jumlah satuan maupun beberapa set sekaligus, Anda bisa langsung konsultasi bersamatim produksi Narcala Rebana. Silahkan kirim pesan saja ke kontak resmi kami dibawah ini menggunakan bahasa yang baik dan sopan.

Kontak Pemesanan Alat musik Rebana

Sebelum Menghubungi kontak resmi Produksi Narcala Rebana, alangkah baiknya Anda persiapkan dulu beberapa informasi yang wajib dicantumkan seperti Nama Lengkap, Alamat Lengkap, email dan apa yang ingin Anda konsultasikan. Dengan begitu akan membantu pesan Anda lebih cepat kami respon.

Jika semuanya sudah Anda siapkan, langsung saja kirimkan pesan Anda ke kontak resmi Narcala Rebana dibawah ini dengan:

  • Perusahaan: Narcala Derbala Group
  • Telp/Whatsapp: 0822-6000-3773 | Ujang Arifin
  • Link Whatsapp Otomatis Klik: KIRIM PESAN SEKARANG
  • Youtube Channel: NARCALA GROUP
  • Email: narcalarebana@gmail.com
  • Office Narcala: Jl. Pakis H. Rahayu No.51 RT/RW 03/02, Potroyudan V, Potroyudan, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59412

Kenapa Anda Harus Memilih Pesan Alat Hadroh Di Narcala Rebana?

Alasan kuat kenapa anda harus pesan alat hadroh di narcala rebana adalah karena produksi narcala berbeda dengan produksi lainnya dan memiliki keunggulan tersendiri yang diantaranya yaitu:

1. Bahan Baku Terbaik

Narcala Rebana hanya fokus menggunakan bahan baku pilihan yang terbaik dari mulai bahan kayu, bahan cat, dan aksessoris lainnya. Sebagai upaya untuk menghasilkan produk yang memiliki ketahanan jangka waktu lama.

2. Produk Asli Jepara

Produksi Narcala langsung dikerjakan dari pabrik alat hadroh di Jepara Jawa Tengah, sehingga kualitas produk terjamin kuat tahan lama.

3. Bisa Custom Produk

Anda bisa request warna sesuai keinginan dan request ukir nama hingga logo identitas majelis dengan mudah bersama produksi Narcala Rebana.

4. Pengerjaan Tepat

Tim Narcala Rebana adalah orang-orang ahli dibidang pembuatan rebana hadroh , sehingga proses pengerjaan lebih cepat dan akurat dengan kualitas terbaik.

5. Bergaransi Resmi

Setiap produk yang diluncurkan oleh Narcala Rebana memiliki garansi resmi baik bahan kayu, kulit, head mika hingga kerusakan karena pengiriman.

6. Berbadan Hukum

Narcala memiliki legalitas resmi berbadan hikum bernama PT. Narcala Derbala Group, Sehingga sangat aman menjalin kerjasama bersama Produksi Narcala rebana.

Produksi Narcala Rebana sudah terbukti menjadi industri yang handal dalam bidang pembuatan alat rebana hadroh, dengan mengedepankan kualitas terbaik pada setiap produk yang dikeluarkan. Disamping itu, kepuasan setiap konsumen dan pelanggan merupakan hal utama. Jadi Anda tinggal pilih saja ingin pesan di tempat produksi kami yang sudah dipastikan aman atau di tempat produksi lain yang belum tentu kejelasannya? pikirkan baik-baik.

Dengan ini, selesai sudah pembahasan tentang Mengenal Nama Alat Rebana, semoga apa yang sudah kami sampaikan bisa membantu Anda ketika akan melakukan pemesanan alat hadroh jepara. Sampai jumpa lagi di pembahasan tentang alat rebana hadroh berikutnya.

One thought

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *